Page 10 - Majalah MILES 175
P. 10

CLOSEUP
Mengejar Kontribusi
Pendapatan Usaha Lain
Adrian Priohutomo
Menjadi business leader jalan tol di Indonesia tak lantas membuat Jasa Marga jemawa. Dalam beberapa tahun ke depan diharapkan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. siap berkompetisi melalui lini bisnis lain yang dimilikinya.
Agresivitas Jasa Marga dalam keikutsertaanya mendukung pembangunan infrastruktur jalan tol bisa dilihat dari langkah- langkah strategis serta percepatan pembangunan proyek jalan tol diberbagai wilayah di Indonesia. Terpilihnya Adrian Priohutomo sebagai Direktur Pengembangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dalam RUPS 2018 lalu seakan mengisyaratkan bahwa ke depan, Perseroan akan lebih serius menggarap sektor bisnis properti. Bagi dunia properti di Tanah Air, sosok Adrian begitu ia akrab disapa, memang sudah tidak
asing lagi. Dengan kemampuan dan pengalaman yang dimilikinya, setidaknya Adrian pernah menempati sejumlah jabatan strategis dibeberapa perusahaan besar. Terakhir, ia dikenal sebagai nakhoda bagi anak usaha perusahaan energi milik BUMN untuk sektor properti.
“Fokus terhadap percepatan pembangunan proyek infrastruktur jalan tol baru tak lantas
membuat kami (Jasa Marga) mengesampingkan prospek
bisnis lain yang juga berpotensi untuk dikembangkan. Selain memanfaatkan konsesi jalan
tol yang dimiliki, tentunya kami menciptakan peluang bisnis lainnya. Baik dalam lingkup jalan tol maupun usaha lain,” papar pria pengagum sosok Ir. Ciputra ini menerangkan.
Sekadar catatan, saat ini pendapatan usaha lain yang
dimiliki oleh Perseroan baru berkontribusi sebesar 7 persen terhadap pendapatan secara keseluruhan. Itu artinya masih terdapat banyak potensi yang
bisa dikembangkan oleh Jasa Marga melalui Anak Perusahaan Usaha Lain (APUL). Untuk itu, sebagai Direktur Pengembangan, Adrian yakin kedepan Perseroan mampu meningkatkan kontribusi pendapatan usaha lain hingga 20 persen. Masih menurut Adrian, untuk bertransformasi dari sisi bisnis dan melangkah jauh kedepan tidak mungkin bagi Jasa Marga hanya berpangku tangan mengandalkan konsesi seluruh ruas tol yang dimilikinya. Diperlukan terobosan serta inovasi lain yang pada akhirnya akan ikut mendukung core business Jasa Marga secara agresif.
“Properti misalnya. Bukan rahasia jika akses jalan menjadi alasan utama dalam memilih sebuah hunian. Nah, kami (Jasa
10 MILES • EDISI 175 | 2018


































































































   8   9   10   11   12