Page 17 - Majalah MILES 175
P. 17

Sejumlah strategi mengurai kepadatan volume kendaraan telah disiapkan Jasa Marga jelang Arus Mudik
dan Balik tahun 2018 kemarin. Langkah- langkah tersebut dinilai berhasil menjawab keraguan publik.
UPDATES
Tahun Ini Kecepatan Rata-Rata
Kendaraan Naik 22%
Penumpukan kendaraan di sejumlah titik disepanjang jalur mudik menjadi kekhawatiran banyak pihak saat berlangsungnya arus mudik dan balik lalu. Apalagi di
ruas Tol Jakarta-Cikampek tengah berlangsung beberapa proyek pembangunan infrastruktur. Meski pada H-7 hingga H+7 Jasa Marga telah menghentikan sementara pekerjaan proyek-proyek yang bersinggungan dengan jalur mudik, namun potensi dan kekhawatiran itu tetap ada.
Untuk itu, sebagai langkah awal Jasa Marga melakukan penambahan fasilitas sistem informasi & komunikasi sebagai deteksi dini kepadatan lalu lintas di sepanjang jalur mudik. Penambahan tersebut meliputi Variable Message Sign (VMS) dari semula 109 unit menjadi 172 unit – termasuk VMS Mobile dari tujuh unit menjadi delapan unit. VMS dan VMS Mobile merupakan sarana penyampaian informasi kondisi lalu lintas secara real time.
Guna menjamin keamanan
dan kenyamanan pengguna jalan tol selama berlangsungnya arus mudik dan balik, Jasa Marga
pun menambah kamera CCTV dibeberapa titik. Jika pada 2017 terpasang 764 unit kamera CCTV, maka untuk tahun ini kamera CCTV yang terpasang menjadi 865 unit.
Fasilitas lainnya adalah Remote Traf c Microwave Sensor (RTMS) sebanyak 26 unit. RTMS merupakan alat yang digunakan sebagai early warning untuk meminimalkan kepadatan kendaraan saat melintasi tol. Melalui RTMS dapat dimonitor
kecepatan rata-rata kendaraan yang melaju di ruas tersebut.
Tak sekadar melengkapi deteksi dini penanggulangan kepadatan kendaraan dengan fasilitas-fasilitas terkini, Jasa Marga bekerja sama dengan Korlantas Polri dengan sigap memberlakukan rekayasa lalu lintas ketika terjadi kepadatan, terutama di Ruas Tol Jakarta-Cikampek, Tol Cikampek-Palimanan, Tol Palikanci, dan Tol Kanci-Pejagan.
Dari data yang dihimpun, di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kecepatan rata-rata kendaraan pada arus mudik tahun 2018 adalah sebesar 72 km/jam, atau meningkat 9% dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan kecepatan rata-rata
arus balik 2018 adalah 79 km/jam, meningkat 22% terhadap kecepatan rata-rata pada tahun 2017 (64 km/ jam). Jasa Marga terus berupaya melayani konsumen dengan memangkas waktu tempuh antar wilayah.
MILES • EDISI 175 | 2018 17


































































































   15   16   17   18   19