Page 18 - Majalah MILES 175
P. 18

UPDATES
Mobile Reader Pangkas Waktu Transaksi
Inovasi Jasa Marga dengan menyiagakan 150 unit mobile reader saat arus mudik dan balik 2018 lalu mampu menjawab kekhawatiran banyak pihak.
Tingginya volume kendaraan pada penyelenggaraan Arus Mudik dan Balik Lebaran kali ini sudah diprediksi dan diantisipasi dengan baik oleh Jasa Marga. Karenanya, dari sisi transaksi Jasa Marga melakukan sejumlah langkah inovatif, salah satunya adalah pemanfaatan mobile reader di seluruh gerbang tol dengan tingkat kepadatan yang tinggi.
Meskipun pada Arus Mudik
dan Balik 2018 ini Jasa Marga telah menambah gardu operasi tambahan di beberapa titik, namun Jasa Marga juga mengantisipasinya dengan penyediaan 150 unit mobile reader. Contohnya seperti di GT Cikarang Utama. Mobile reader merupakan inovasi transaksi bagi pengendara untuk mengurangi volume kepadatan kendaraan akibat antrean ketika berada di gerbang tol.
Sedikit berbeda dari transaksi
biasanya, kali ini petugas menghampiri kendaraan dalam antrean dengan membawa
alat (mobile reader) sebagai media tapping uang elektronik. Jika transaksi di gerbang tol membutuhkan waktu 4–5 detik/ kendaraan, maka mobile reader dapat melayani pembayaran tiga kendaraan sekaligus dalam waktu bersamaan.
Dengan dua kali puncak arus mudik, GT Cikarang Utama dilalui oleh 109.165 kendaraan pada
H-6 (9/6) dan sebanyak 104.690 kendaraan di H-3 (12/6) nyaris tidak ditemui adanya kendala di lapangan. Begitu pula dengan yang terjadi pada arus baliknya. Puncak arus balik terjadi pada H+3 (19/6) dengan total kendaraan yang melaju melalui GT Cikarang Utama menyentuh angka 130.125 kendaraan.
Angka tersebut merupakan rekor tertinggi jumlah kendaraan yang melewati GT Cikarang Utama pada arus balik Lebaran. Dilayani oleh 34 gardu operasi, ditambah dengan 15 mobile reader, baik selama penyelenggaraan arus mudik maupun balik kemarin tidak ditemui adanya penumpukan kendaraan pada gardu transaksi di GT Cikarang Utama.
Transaksi yang cepat dan mudah terbukti mampu meminimalkan jumlah antrean di sejumlah gerbang tol, termasuk di GT Cikarang Utama. Saat ini, hampir seluruh GT milik Jasa Marga telah mengoperasikan alat transaksi bergerak tersebut.
18 MILES • EDISI 175 | 2018


































































































   16   17   18   19   20