Page 19 - Majalah MILES 175
P. 19

UPDATES
Tambah Armada,
Pelayanan Makin Op mal
Demi memberi kenyamanan kepada para pemudik yang akan mudik ke kampung halaman, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menambah beberapa unit armada layanan lalu lintas untuk mengoptimalkan pelayanan.
Mengantisipasi prediksi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018 lalu, Jasa Marga melakukan langkah- langkah antisipasi terkait pelayanan guna mendukung keamanan serta kenyamanan para pengguna jalan tol selama arus mudik dan balik berlangsung. Karenanya, pada pelaksanaan Arus Mudik dan
Balik Lebaran 2018 ini Jasa Marga melakukan penambahan layanan lalu lintas, khususnya di beberapa ruas tolnya.
Setidaknya sebanyak 53 unit Kendaraan Layanan Jalan Tol dioperasikan di Jakarta-Cikampek (Japek) – jumlah tersebut bertambah 2 unit termasuk penambahan 2 unit motor patroli. Untuk Kendaraan Rescue, Jasa Marga juga menambah 2 unit menjadi 17 unit di ruas tol Palikanci dan Purbaleunyi.
Untuk Ambulan, Jasa Marga menambah 3 unit kendaraan menjadi total 27 Unit di Japek, Purbaleunyi, dan Jagorawi. Sedang untuk Kendaraan PJR dilakukan penambahan sebanyak 4 unit menjadi 55 unit di Ruas Jalan Tol Dalam kota dan Japek. Ketersediaan Mobil Derek sama seperti tahun sebelumnya yaitu 85 unit. Tahun ini Jasa Marga juga menambah 2 unit Crane menjadi 4 unit.
Kesigapan Jasa Marga dalam mengatasi insiden diseluruh ruas tolnya tentu tak dapat dilepaskan dari kesiapan armada serta petugas di lapangan dalam memberikan pelayanan lalu lintas. Menurut data tahun 2017, setidaknya terdapat 37 insiden kecelakaan di ruas Jakarta dan Jawa Barat.
Sedang untuk tahun ini jumlah insiden mengalami penurunan sebesar 5% atau sebanyak 35 kejadian. Selain itu, jumlah korban kecelakaan di ruas-ruas yang sama mengalami penurunan sebesar 58%. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah korban yang semula 60 orang (2017) turun menjadi 25 orang di tahun 2018.
Turunnya insiden dan korban kecelakaan di seluruh ruas tol, merupakan salah satu indikator keberhasilan Jasa Marga dalam penyelenggaraan Arus Mudik dan Balik Lebaran kali ini.
MILES • EDISI 175 | 2018 19


































































































   17   18   19   20   21