Page 21 - Majalah MILES 175
P. 21

Rest Area Management
Terbukti Efektif
Demi mendukung pelaksanaan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menerapkan Rest Area Management diseluruh lokasi yang terbentang dari Jakarta hingga Surabaya.
Berangkat dari evaluasi penyelenggaraan mudik tahun sebelumnya, Jasa Marga menyimpulkan bahwa kesiapan rest area di sejumlah ruas tol milik Jasa Marga maupun kelompok usahanya merupakan salah satu faktor penting terciptanya kelancaran arus mudik dan balik Lebaran.
Menindaklanjuti pencapaian atas penyelenggaraan arus mudik dan balik tahun lalu, maka tahun ini Jasa Marga pun telah melakukan antisipasi secara optimal. Salah satunya adalah dengan menambah titik dan lokasi tempat istirahat sepanjang ruas tol miliknya. Dari
data dan evaluasi terdapat 33 lokasi rest area yang tersebar diberbagai titik sepanjang jalur mudik. Sedang pada arus balik, Jasa Marga mengoperasikan 42 lokasi disepanjang ruas yang dilalui pemudik.
Bertambahnya jumlah rest area tentu akan sangat mendukung kenyamanan pemudik dalam melakukan perjalanan. Namun di sisi lain, penambahan tersebut juga berdampak terhadap kemungkinan terjadinya simpul-simpul kepadatan kendaraan jelang akses masuk dan keluar rest area.
Oleh karenanya, Jasa
Marga mengenalkan Rest Area Management System (RAMS) yang berfungsi memonitor ketersediaan area parkir di dalam rest area,
dan menampilkannya pada
display yang dipasang di akses jelang masuk rest area. RAMS ini akan menginformasikan kepada para pengguna jalan tentang ketersediaan parkir, sehingga dapat memberikan pilihan
kepada pengguna jalan. hal ini diharapkan mengurangi terjadinya
kepadatan kendaraan di akses keluar dan masuk tempat-tempat peristirahatan sepanjang jalur mudik. Dengan teknologi Vehicle Counting dan Surveillance, jumlah kendaraan yang keluar dan masuk akan terpantau dari waktu ke waktu.
Melalui sistem tersebut, baik pengguna jalan tol maupun petugas operasional bisa mengetahui jumlah kendaraan pribadi, bus, maupun truk - sekaligus menghitung kuota lahan parkir di layar Variable Message Sign (VMS). Di samping itu Jasa Marga pun memberlakukan zonasi -  lterisasi kendaraan sesuai kebutuhan dan keperluannya.
Terbukti, inovasi-inovasi
Jasa Marga melalui Rest Area Management sangatlah efektif terutama dalam perannya mengantisipasi kepadatan kendaraan pada Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018 lalu. Seluruh kendaraan yang keluar dan masuk rest area mampu terdistribusi dengan baik dan lancar.
UPDATE
MILES • EDISI 175 | 2018 21


































































































   19   20   21   22   23