Page 5 - Majalah MILES 175
P. 5

melengkapi layanannya dengan menerjunkan 85 unit mobil derek, 53 unit mobil layanan jalan tol berikut 2 unit sepeda motor patroli, 17 unit kendaraan rescue, serta 27 unit ambulan.
Demi kenyamanan dan keamanan pemudik diseluruh ruas tol, Jasa Marga memasang 120
unit Variable Message Sign (VMS), 23 unit Remote Traf c Microwave Sensor (RTMS), 770 unit CCTV, 8 unit VMS Mobile, serta implementasi mobile apps JMCARe. Kesiapan tersebut didukung oleh personel yang ditempatkan pada titik-titik rawan kepadatan di sepanjang jalur mudik.
Pelayanan Transaksi
Sukses mengaplikasikan transaksi elektronik pada 2017 lalu, dalam penyelenggaraan arus mudik dan balik tahun ini Jasa Marga pun
terus memperbaiki kualitas layanan transaksinya. Salah satunya adalah dengan menambah kapasitas transaksi menjadi 1.163 Gardu Tol
Otomatis (GTO) atau bertambah 40 gardu dibanding tahun sebelumnya.
Antisipasi ketersediaan lokasi top-up juga disikapi positif oleh Jasa Marga yang bekerja sama dengan beberapa bank penyedia uang elektronik. Hasilnya terdapat 56
titik tambahan lokasi top-up tunai di sejumlah gerbang tol - termasuk penyediaan layanan gerak di rest area (24 lokasi), serta tersedianya penjualan 65.920 kartu elektronik baru.
Pelayanan Rest Area
Tidak sekadar fokus terhadap kelancaran arus lalu lintas, Jasa Marga juga tetap mengedepankan kenyamanan para pengguna jalan tol dengan meningkatkan pelayanan dan fasilitas di rest area.
Jika tahun sebelumnya terdapat 35 lokasi rest area, maka kali ini Jasa Marga mengoperasikan rest area di 67 lokasi (25 Tempat Istirahat dan Pelayanan, 7 Tempat Istirahat, 14
Parking Bay, dan 21 Tempat Istirahat Sementara) berikut 72 unit toilet mobile. Seluruh rest area tersebut tersebar diberbagai titik pada jalan tol operasional maupun fungsional.
Tingginya volume kendaraan pemudik di sejumlah rest area juga menjadi perhatian besar Jasa Marga. Guna meminimalkan risiko tingginya volume kendaraan, Jasa Marga memberlakukan pengaturan wilayah (zonasi). Melalui metode ini pemudik diarahkan sesuai dengan kebutuhan dan keperluannya, sehingga arus kendaraan masuk/keluar terdistribusi dengan baik.
Terobosan baru lain dilakukan Jasa Marga, yaitu Rest Area Monitoring System menggunakan teknologi sensor yang mampu mendeteksi kendaraan yang keluar masuk rest area dan kapasitas pakir di area tersebut.
Pelayanan Operasional
Resmi beroperasinya sejumlah ruas baru di 2018 berarti makin
HIGHLIGHT
MILES • EDISI 175 | 2018 5


































































































   3   4   5   6   7