Page 6 - Majalah MILES 175
P. 6

HIGHLIGHT
mempersingkat waktu tempuh yang harus dilalui oleh para pemudik. Berdasarkan data (sebelum berlangsungnya arus mudik dan balik), terdapat 147,17 km panjang ruas baru yang beroperasi di 2018, meliputi: Bawen-Salatiga, Ngawi- Wilangan, Krian-Sepanjang, Gempol- Rembang, dan Parbarakan-Sei Rampah. Kelima ruas baru tersebut menambah total panjang tol yang dimiliki Jasa Marga menjadi 735 km.
Selain jalan tol yang telah
resmi beroperasi, Jasa Marga juga menyiapkan 52,35 km jalan tol miliknya yang sudah siap operasi (Kartasura-Sragen, Rembang- Pasuruan, dan Parbarakan-Tanjung Morawa). Meski belum diresmikan, namun secara keseluruhan ruas tersebut sudah sangat laik dilalui pemudik.
Sesuai namanya, jalur fungsional hanya digunakan ketika arus mudik
saja. Jadi kelengkapan rambu serta fasilitasnya pendukungnya pun masih terbatas. Secara struktur, kondisi jalan pada jalur fungsional berupa beton dasar (lean concrete). Namun demikian, struktur ini cukup kuat untuk dilalui oleh para pemudik dengan nyaman.
Bila tahun sebelumnya panjang total jalur fungsional adalah 218,32 km, maka tahun ini terdapat 207,85 km jalur fungsional yang difungsikan Jasa Marga.
Karena beberapa ruas jalan tol yang tahun lalu dimanfaatkan sebagai jalur fungsional, saat
ini (2018) telah diresmikan dan beroperasi. Antisipasi kepadatan kendaraan di gerbang tol juga menjadi perhatian Jasa Marga dalam menciptakan pelayanan terbaiknya. Melalui PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), salah satu kelompok usaha Jasa Marga
mengoperasikan 150 unit mobile reader yang tersebar di sepanjang jalur mudik.
Melalui alat tersebut,
petugas membantu pengemudi menempelkan (tapping) uang elektronik pada mobile reader yang dibawanya (jemput bola). Terbukti inovasi ini mampu meminimalkan terjadinya penumpukan kendaraan disejumlah gerbang tol, karena dalam 4-5 detik bisa dilayani tiga kendaraan sekaligus.
Atas semua apresiasi yang berhasil diraihnya, Jasa Marga senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna jalan tol.
6 MILES • EDISI 175 | 2018


































































































   4   5   6   7   8