Page 8 - Majalah MILES 175
P. 8

CLOSEUP
Vincentius Sonny Loho
RUPS 2018 PT Jasa Marga (Persero) Tbk. beberapa waktu lalu menunjuk Vincentius Sonny Loho sebagai Komisaris Independen. Lalu, apa dan bagaimana langkah Sonny ke depannya?
Ditunjuknya nama Vincentius Sonny Loho di jajaran Komisaris Jasa Marga yang baru sepertinya sangatlah beralasan, pengalaman serta rekam jejak karirnya sudah tidak perlu diragukan. Mengingat hal tersebut sejalan dengan langkah dan strategi Perseroan dalam visinya meningkatkan kemampuan serta kapabilitas Jasa Marga sebagai industry leader pada bisnis jalan tol di Indonesia.
Sebagai seorang birokrat, Sonny begitu ia akrab disapa, tidaklah asing. Sejumlah jabatan dan posisi penting pun pernah diembannya. Meniti karirnya di Kementerian Keuangan, Sonny pernah pula menjabat sebagai orang nomor satu di Direktorat Pengelolaan Kas Negara (Dir. PKN) DJPb. Ia pun termasuk sebagai salah seorang perumus UU Keuangan Negara.
Terakhir, sebelum ditunjuk untuk menduduki posisi sebagai
Komisaris Independen PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Sonny sempat menjabat sebagai Komisaris di
salah satu bank BUMN terbesar
di Indonesia. Melalui pemikiran
dan strategi bisnis yang dilakukan mampu mencatatkan Perseroan tersebut sebagai bank dengan pendapatan tertinggi di Indonesia.
Bagi Sonny, Jasa Marga bukan lagi nama yang baru. Karena ketika ia menjabat sebagai Direktur Badan Layanan Umum (BLU) di Kementerian Keuangan, perusahaan-perusahaan BUMN (termasuk Jasa Marga) berada di bawah kendali Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Jadi, Sonny pun cukup paham dengan latar belakang dan strategi bisnis Jasa Marga kala itu.
"Terus terang saya kagum dengan langkah-langkah yang dilakukan Jasa Marga terutama
dalam beberapa tahun terakhir. Kini Jasa Marga semakin agresif membangun infrastruktur
jalan tol. Perseroan telah membuktikan bahwa mereka terus bertransformasi seiring perubahan dan perkembangan zaman.
Saya melihat sudah banyak yang berubah dari Jasa Marga,” tutur pria berdarah Manado ini.
Dengan sejumlah percepatan pembangunan yang dilakukan Jasa Marga dalam beberapa tahun terakhir, dirinya yakin
akan berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian dalam negeri.
Sonny pun yakin, ketika infrastruktur tumbuh dengan baik, maka secara otomatis perekonomian wilayah maupun nasional akan meningkat pula. Karenanya, ia ingin Jasa Marga tetap bisa berinovasi diberbagai
8 MILES • EDISI 175 | 2018


































































































   6   7   8   9   10