Page 9 - Majalah MILES 175
P. 9

sektor pendanaan guna percepatan raihan pembangunan jalan tol. “Saya melihat tantangan Jasa Marga dalam 5 tahun ke depan lebih pada sektor pendanaan. Apalagi target yang dicapai adalah membangun jalan tol baru, pastinya harus didanai dari investasi. Dibutuhkan inovasi pendanaan lain melalui berbagai instrumennya, untuk itu sektor pendanaan harus dikelola lagi dengan baik,” tutur Sonny.
Ia bahkan berharap dan tidak menutup kemungkinan nantinya Jasa Marga bisa bekerja sama dengan pihak-pihak lain, seperti melibatkan pihak swasta dalam bentuk public private partnership guna mendorong percepatan pembangunan infrastuktur yang dilakukan. Dijelaskan oleh Sonny, saat ini pihak swasta belum banyak yang berinvestasi di proyek infrastruktur. Hal itu terlihat dari
target investasi yang terserap oleh perusahaan swasta masih kurang dari 1/3 target yang diharapkan (sekitar Rp 163 triliun).
“Sebenarnya banyak investor luar negeri yang tertarik dengan proyek-proyek pembangunan Jasa Marga. Hanya saja mereka belum mengerti bagaimana cara untuk berinvestasi. Di samping itu mereka ingin investasinya aman dan
stabil. Jadi tugas kita adalah terus meningkatkan standar kapasitas, kualitas, dan kemampuan kita dalam mengelola proyek, fasilitas, keselamatan,” terang bapak satu orang anak ini.
Ketika ditanya rencana
bisnis dalam 5 tahun ke depan, Sonny menilai banyak yang bisa dikembangkan meski harus dipelajari lagi. Namun ia percaya, seluruh misi Jasa Marga ke depan sangat tergantung pada kinerja
Perseroan karena pemerintah pun tidak ragu untuk berinvestasi lagi. Selain itu, publik semakin percaya dengan langkah dan pengembangan Jasa Marga.
“Dengan kapabilitas, pemikiran,serta networking yang saya miliki, saya berharap dapat mendukung Jasa Marga bisa semakin cepat dalam melakukan pembangunan jalan tol. Apalagi hingga 2019, target Jasa Marga dapat mengoperasikan total 1.260 km. Jadi, lakukan yang terbaik, saya percaya Tuhan selalu bersama kita,” katanya optimis.
“
CLOSEUP CLOSEUP
Banyak investor luar negeri yang tertarik dengan proyek-proyek Jasa Marga
MILES • EDISI 175 | 2018 9
“


































































































   7   8   9   10   11