Page 17 - Miles Edisi 176
P. 17

CLOSEUP
The best way to predict the future is to create it
Terpilihnya Alex Denni menjadi Direktur Human Capital Jasa Marga beberapa waktu lalu, dirasa sangat tepat. Mengingat, rekam jejak karirnya dianggap cukup cemerlang. Setelah sebelumnya Alex berkarir di dunia perbankan dengan posisi yang sama, kini dirinya dipercaya sebagai orang pertama di Direktorat Human Capital Jasa Marga.
Ketika ditanya, bagaimana ia bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tuntutan jabatan barunya, Alex mengatakan,”Saya ini anak kampung. Tiap hari main bola, bridge di pinggir jalan. Ketika masuk ke perbankan saya harus bisa menyesuaikan diri sebagai bankir. Begitu masuk ke pabrik, saya pun harus pakai perlengkapan standar pabrik. Jadi, ya saya tidak kaget karena hanya perlu sedikit penyesuaian.”
CANDID SURVEY
Diawal jabatan baru yang diembannya, tidak sedikit karyawan Jasa Marga yang ternyata belum ngeh tentang sosoknya. Hal inilah
yang kemudian dimanfaatkan Alex untuk mendapatkan feedback langsung dari karyawannya. Caranya adalah dengan berpura- pura (menyamar) sebagai mahasiswa S2 yang sedang melakukan penelitian tentang Jasa Marga.
Dalam penyamarannya itu pun Alex sempat melakukan interview kepada beberapa orang karyawan Anak Perusahaan dan Cabang Jasa Marga yang ditemuinya. Pertanyaan yang diajukannya juga beragam. Mulai dari budaya kerja, komunikasi lintas jabatan, hingga kesejahteraan karyawan.
Hasilnya, sebagian besar karyawan merasa bangga dengan image Jasa Marga. “Mereka bangga bisa menjadi bagian
dari Jasa Marga sebagai market leader jalan tol di Indonesia. Ada kebanggaan tersendiri membangun infrastruktur untuk bangsa. Suasana kekeluargaan yang tinggi serta work-life balance juga menjadi salah satu alasan yang diutarakan mereka,” papar Alex.
BIROKRASI DAN SUSTAINABLE BUSINESS
Akan tetapi, ia juga tak menampik banyak ‘responden’ yang masih mengeluhkan birokrasi masih lambat dan kental senioritas. Alex mengatakan, “Kaum milenial ini merasa birokrasi agak lambat didorong. Sementara seniornya merasa milenial ini nggak sabaran. Maunya cepat aja.”
Masih menurut Alex, sustainable business perlu terus dijaga. Karenanya inovasi dan terobosan yang dilakukan harus fokus terhadap kenyamanan
dan pelayanan customer. “Ini semua terkait dengan teknologi. Kemudahan layanan serta pelayanan harus menjadi prioritas. Misalnya Multi Lane Free Flow yang nantinya akan diaplikasikan di seluruh ruas tol. The best way to predict the future is to create
it (cara terbaik memprediksi
masa depan adalah dengan menciptakannya).”
MILES • EDISI 176 | 2018 17


































































































   15   16   17   18   19