Page 26 - Miles Edisi 176
P. 26

EVENTS
INTEGRASI PANGKAS WAKTU
TEMPUH DAN BIAYA LOGISTIK
Guna meningkatkan pelayanan sekaligus memberi kemudahan transaksi kepada para pengguna jalan tol, maka pada akhir September lalu Jasa Marga memberlakukan integrasi tarif pada Ruas Tol JORR.
ini hanya perlu melakukan
satu kali transaksi, yaitu ketika berada di gerbang tol masuk (on-ramp payment). Sebagai akibatnya, beberapa gerbang
tol pun dihilangkan, sehingga tidak terjadi lagi antrean atau bahkan penumpukan kendaraan di gerbang-gerbang tol seperti GT Meruya.
Resmi berlakunya integrasi
tarif tentu saja membuat waktu tempuh kendaraan semakin singkat. Kini, sudah tidak ditemui lagi adanya antrean kendaraan yang hendak bertransaksi di pintu tol. Dari sisi biaya logistik, integrasi ini dianggap sangat membantu karena turunnya tarif tol untuk kendaraan non Golongan I dengan jarak jauh diharapkan membuat distribusi barang dan jasa dapat semakin lancar.
Kebijakan integrasi Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang sosialisasinya telah dilakukan
oleh Jasa Marga sejak beberapa bulan lalu, akhirnya resmi berlaku serentak. Tepat pukul 00.00 dini hari (29/9), kebijakan integrasi tarif Tol JORR yang didasarkan pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 710/KPTS/M/2018 tanggal 14 September 2018 tersebut resmi diberlakukan.
Integrasi ini berlaku mulai
Seksi W1 (SS Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), dan Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini). Lalu pada Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Ulujami- Pondok Aren.
Adanya integrasi membuat tol sepanjang 76 km ini mengenakan satu tarif yakni Rp 15.000 untuk kendaraan Golongan I. Khusus pengguna ruas tol Ulujami-Pondok Aren dari Bintaro Viaduct menuju Pondok Aren tetap membayar sebesar Rp 3.000 untuk Golongan I. Sedang untuk Golongan 2 dan
3 dikenakan tarif Rp 22.500, serta Golongan 4 dan 5 juga membayar tarif yang sama yakni Rp 30.000.
Dengan adanya integrasi tarif ini berarti sistem transaksi di Ruas JORR menjadi transaksi terbuka. Artinya ketika pengendara atau pengguna jalan tol melalui ruas
26 MILES • EDISI 176 | 2018


































































































   24   25   26   27   28