Page 27 - Miles Edisi 177
P. 27

JASA MARGA TEMPATKAN
UMKM DI REST AREA
Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, beliau mengharapkan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia bisa berkembang. Salah satunya adalah dengan menempatkan produk lokal pada kios-kios di rest area tol.
Alokasi untuk UMKM ini guna mewujudkan keberadaan jalan tol yang turut mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Selain
itu, langkah ini dilakukan untuk mengakomodasi keinginan
para pelaku UMKM dalam memanfaatkan dan memasarkan produk-produknya di rest area.
PT Jasamarga Properti (PT
JMP) wajib melaksanakan
instruksi pemerintah terkait
adanya Peraturan Menteri yang mengimbau rest area diisi oleh 20%-30% pelaku UMK dan Koperasi karena PT JMP adalah milik anak perusahaan pemerintah. Kepemilikan rest area milik PT JMP dari seluruh rest area yang ada
di ruas tol milik Jasa Marga dan kelompok usahanya adalah sebesar 77,42%.
Hingga saat ini UMK dan Koperasi yang terdapat di rest area di sepanjang jalan tol Trans Jawa eksisting sebanyak 103 UMKM. Tidak menutup kemungkinan JMP akan mengakuisisirest area yang dikelola oleh swasta atau pihak mitra jika sesuai dengan kebijakan induk.
Jenis UMK dan Koperasi yang paling diminati oleh pengguna
jalan tol atau pengunjung rest area adalah kuliner karena di
rest area tersedia produk atau makanan khas daerah setempat. respon pengguna jalan tol terhadap pelayanan dan jenis makanan yang disediakan oleh UMK dan Koperasi sudah cukup baik, namun karena kondisi tahapan pembangunan belum seluruhnya selesai, jumlah tenant masih belum memadai.
DOYOUKNOW
MILES • EDISI 177 | 2018 27


































































































   24   25   26   27   28