Page 5 - Miles Edisi 177
P. 5

HIGHLIGHT
pengguna jalan juga memperoleh manfaat lain, yaitu penghematan waktu. Penghematan waktu ini pun bisa pula berarti menekan biaya logistik.
Kondisi jalan yang lebih lancar tentu berarti mengurai kemacetan. Hal ini berarti terjadi penghematan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Seperti diketahui, Indonesia kini telah menjadi net importir BBM. Pengurangan konsumsi BBM yang berpotensi terjadi tentu berimplikasi kepada penekanan biaya subsidi APBN untuk sektor energi.
Tambah pula, dengan tersambungnya Tol Trans Jawa akan mendorong perekonomian di sekitar jalan tol. Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengunjungi dua rest
area (Rest Area 207A Jalan Tol Palikanci dan Rest Area 391A Jalan Tol Batang-Semarang) yang terletak di jaringan Jalan Tol Trans Jawa, Sabtu (29/12). Dalam kunjungannya, Budi mengutip arahan Presiden Joko Widodo bahwa konektivitas adalah keharusan.
“Tapi, konektivitas yang seperti apa? Konektivitas yang delivered. Artinya, fungsi jalan tol tidak hanya menghubungkan Jakarta, Semarang, Solo, Surabaya. Ada arti jalan tol
bagi masyarakat. Banyak yang bertanya, ‘jalan tol dibangun untuk apa?’ Kita membuktikan jalan tol memberikan makna bagi masyarakat,” ujarnya.
Ia menambahkan, “(Ini) merupakan bentuk konektivitas yang delivered bahwa konektivitas itu punya arti bagi masyarakat. Satu, berfungsi sebagai sarana perhubungan.
Tapi, dia juga mempunyai fungsi membangkitkan ekonomi masyarakat di kota-kota yang dilalui. Oleh karenanya, saya ingin sekali kalau kuliner ini harus ditingkatkan. Saya sendiri kalau ke kota-kota tertentu yang dicari kuliner”.
Lebih dari itu, konektivitas yang terwujud dari Tol Trans Jawa berarti memudahkan mobilisasi orang. Jarak yang jauh bukan lagi perkara berat dengan terpangkasnya waktu perjalanan. Tali silaturahmi pun bisa menguat kembali. Hati yang sempat berjauhan, kini dapat didekatkan.
MILES • EDISI 177 | 2018 5


































































































   3   4   5   6   7