Page 10 - Miles Edisi 178
P. 10

UPDATES
MENDAMBA TERSAMBUNGNYA
JALAN TOL JORR 2
Tiga ruas yang menjadi bagian Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 atau Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) ditargetkan tuntas dan bisa beroperasi pada tahun 2019. Keberadaan infrastruktur ini diharapkan berdampak terhadap geliat ekonomi di sekitar ibu kota.
Jalan Tol JORR 2 adalah jalan
tol penghubung Jakarta dengan Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Depok, dan Bekasi. Jalan tol ini melintasi wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi.
Tercatat, ada sejumlah ruas yang menjadi bagian Jalan Tol JORR 2. Ruas-ruas yang dikelola oleh beberapa Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tersebut adalah Kunciran- Cengkareng (Bandara Soekarno- Hatta atau Soetta), Akses Tanjung Priok, Cibitung-Cilincing, Kunciran-
Serpong, Cinere-Serpong, Cinere- Jagorawi, dan Cimanggis-Cibitung. Ditargetkan tahun ini beroperasi
Dari berbagai ruas yang ada di dalam bagian Jalan Tol JORR 2, Jasa Marga, melalui kelompok usahanya, mengelola tiga ruas. Ketiganya adalah Jalan Tol Cinere-Serpong melalui PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), Kunciran-Cengkareng melalui PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC), dan Kunciran-Serpong melalui PT Marga Trans Nusantara (MTN).
Terkait target beroperasinya Jalan Tol JORR 2, dalam sebuah
kesempatan beberapa waktu lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, “Jalan Tol JORR 2 siap beroperasi tahun ini, meski belum seluruh ruas.”
Adapun faktor pembebasan lahan terbilang masih menjadi salah satu kendala dalam penyelesaian proyek pembangunan tol.
Terkait hal ini, Jasa Marga telah melakukan berbagai upaya sebagai solusinya, misalnya mengusulkan agar perjanjian pinjaman diakhiri atas kesepakatan dalam sebuah perjanjian pengakhiran. Tujuannya agar secara natural berhenti
10 MILES • EDISI 178 | 2018


































































































   8   9   10   11   12