Page 26 - Miles Edisi 178
P. 26

DOYOUKNOW
MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK
DI RUAS TERBUKA DAN TERTUTUP
Kini masyarakat sudah terbiasa bertransaksi menggunakan uang elektronik. Selain mudah dan cepat, fenomena ini berhasil mengurangi kepadatan antrean disejumlah gerbang tol.
Sementara pada saat keluar, siapkan uang elektronik kemudian tempelkan (tidak perlu digesekan) ke reader. Pastikan kartu elektronik yang di tap pada gerbang keluar sama dengan kartu yang Anda tap di gerbang masuk.
Jika proses tersebut berhasil (dan saldo cukup), maka pada CDP akan muncul data asal gerbang, golongan, tarif, serta saldo uang elektronik setelah transaksi. Di
saat yang sama, akan keluar struk tanda terima dan palang pun akan terbuka.
SISTEM TRANSAKSI TOL TERBUKA (SEKALI TAPPING UANG ELEKTRONIK)
Dengan sistem transaksi tol terbuka ini, langkah pertama
yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan Uang Elektronik. Lalu, tempelkan uang elektronik (tidak perlu digesek berulang kali) pada reader. Ketika proses identi kasi berhasil (dan saldo cukup), maka pada CDP akan muncul data golongan kendaraan, tarif tol, saldo uang elektronik setelah transaksi. Pada saat yang bersamaan akan keluar struk tanda terima dan palang akan terbuka.
Tahukah Anda jika ternyata terdapat perbedaan cara penggunaan uang elektronik di ruas tol terbuka dan tertutup. Sebelumnya, mari kita pahami
dulu cara membedakan keduanya. Dalam sistem transaksi tertutup, Anda perlu melakukan 2 kali tapping uang elektronik. Sementara itu, untuk sistem transaksi tol terbuka, Anda hanya perlu melakukan sekali tapping uang elektronik.
Lalu, bagaimana perbedaan transaksi di gerbang masuk dan keluar tol pada kedua sistem transaksi tersebut? Simak cara berikut ini!
SISTEM TRANSAKSI TOL TERTUTUP (DUA KALI TAPPING UANG ELEKTRONIK)
Pada saat Anda berada
di gerbang masuk tol sistem tertutup, siapkan uang elektronik, lalu tempelkan (tidak perlu digesek berulang kali) ke reader pada mesin GTO/GSO. Tapping ini berfungsi untuk membaca asal gerbang, golongan kendaraan, serta saldo uang elektronik.
Jika proses ini berhasil, maka CDP (Customer Display Panel) yang berada di dekat palang akan muncul data asal gerbang, golongan kendaraan, dan palang akan terbuka, silahkan tinggalkan gerbang tol.
26 MILES • EDISI 178 | 2018


































































































   24   25   26   27   28